Amphibia adalah salah satu dari empat kelompok besar dalam subfilum Vertebrata (vertebrata), yang juga mencakup mamalia, burung, dan reptil.

Hewan amphibi adalah kelompok hewan yang termasuk dalam kelas Amphibia. Hewan-hewan ini memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakan mereka dari kelompok hewan lain.

Ciri Hewan Amphibia

Beberapa ciri utama hewan amphibi meliputi:

  1. Kulit yang Permeabel: Salah satu ciri yang paling mencolok dari hewan amphibi adalah kulit mereka yang permeabel. Kulit ini memungkinkan mereka untuk bernapas melalui kulit, selain juga menggunakan paru-paru atau insang, tergantung pada tahap perkembangan mereka.
  2. Siklus Hidup dengan Metamorfosis: Sebagian besar hewan amphibi mengalami siklus hidup dengan tahap metamorfosis. Mereka biasanya dimulai sebagai larva yang hidup di air, kemudian berubah menjadi bentuk dewasa yang bisa hidup di darat. Contoh yang paling terkenal adalah katak yang mengalami perubahan dari telur, menjadi berudu, lalu berubah menjadi katak dewasa.
  3. Campuran Habitat Air dan Darat: Hewan amphibi biasanya memiliki habitat campuran yang mencakup air dan darat. Mereka mungkin berkembang biak di air, tetapi juga bisa hidup di darat. Ini adalah adaptasi untuk siklus hidup mereka yang melibatkan perpindahan antara dua lingkungan ini.
  4. Kulit Lendir: Beberapa hewan amphibi menghasilkan lendir yang dapat memiliki berbagai fungsi, termasuk melindungi mereka dari kekeringan, membantu dalam pergerakan, dan melindungi dari predator.

Daftar Amphibia Ujung Kulon

No

Nama Daerah

Nama Latin

Famili

1.BancetLeptobrachenia baselsiRanidae
2.Katak sawahRana concrivaraRanidae
3.Katak hijauRana triginaRanidae
4.Katak besarRana macrodonRanidae
5.Katak bintikRana eskulantaRanidae
6.BancetRana erytreaRanidae
7.Bancet kecilRana microdiscaRanidae
8.Katak layerChacophorus rainwardiiRhacophoridae
9.Katak pohonHyla spHylidae
10.Katak pohonMicrophyla spMicrophytidae
11.Bangkong besarBufo asperBufonidae
12.Bangkong budukBufo melanostrictusBufonidae
13.Bangkong sungaiBufo biforvatusBufonidae

Klasifikasi Hewan Amphibia

Berikut adalah tingkat klasifikasi hewan amphibi:

  1. Kerajaan (Kingdom): Animalia (Hewan) – Ini adalah kerajaan di mana semua hewan ditempatkan dalam klasifikasi biologis.
  2. Filum (Phylum): Chordata – Filum ini mencakup hewan-hewan yang memiliki karakteristik utama seperti notokord, sistem saraf dorsal, dan celah faring. Hewan amphibi termasuk dalam kelompok ini.
  3. Subfilum (Subphylum): Vertebrata – Subfilum ini mencakup hewan-hewan dengan tulang belakang atau vertebrata. Hewan amphibi adalah vertebrata.
  4. Kelas (Class): Amphibia – Kelas ini adalah kelompok klasifikasi yang mencakup hewan-hewan amphibi. Ini adalah tingkat klasifikasi yang paling tinggi di bawah subfilum Vertebrata yang mencakup semua hewan amphibi seperti katak, salamander, dan cecak.

Selain kelas Amphibia, hewan amphibi dibagi lagi menjadi beberapa ordo, famili, genus, dan spesies yang lebih spesifik. Contoh ordo dalam kelas Amphibia termasuk Anura (katak), Caudata (salamander), dan Gymnophiona (cecak tanpa kaki). Setiap ordo ini kemudian dibagi menjadi famili dan seterusnya, hingga mencapai tingkat spesies yang berbeda-beda.