Jalan Tol Serang-Panimbang

jalan tol serang-panimbang

Jalan Tol Serang-Panimbang . Pembangunan Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang sampai hari ini, Sabtu 30 Januari 2021, telah mencapai 88,34%. Begitulah informasi yang kami peroleh dari website resmi Badan Pengaturan Jalan Tol Dinas Pekerjaan Umum (BPJT-PU).

jalan-tol-serang-panimbang
Jalan Tol Serang Panimbang Januari 2021 – sumber: bpjt.pu.go.id

Target Pengerjaan Jalan Tol Serang-Panimbang

Keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang akan mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan dengan Banten Utara. Dinas Pekerjaan Umum menargetkan pengerjaan konskruksi keseluruhannya akan selesai pada tahun 2023 mendatang.

Setelah seksi 1 ini sudah dapat dilakukan uji laik fungsi, maka masyarakat nantinya dapat memanfaatkan untuk arus mudik Lebaran 2021.  Jalan Tol Serang – Panimbang akan tersambung dengan Tol Jakarta-Merak, dengan melintasi tiga kabupaten yakni Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang.

Manfaat Jalan Tol Serang-Panimbang

Selain berfungsi sebagai penghubung menuju kawasan pariwisata wilayah Banten seperti KSPN Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon , ketersediaan jalan tol ini juga akan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat.

Dengan beroperasinya jalan Tol Serang-Panimbang ini maka semakin mempermudah akses ke Citra Maja Raya, Permata Mutiara Maja dan berbagai perumahan lainnya di Kota Maja, Kabupaten Lebak.

Total panjang ruas Jalan Tol Serang-Panimbang adalah 83,67 Km yang terbagi menjadi 3 Seksi. Yakni Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,50 Km. Lalu Seksi 2 Ruas Rangkasbitung-Cileles (24,17 Km). Terakhir yaitu Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 Km.

Tabel Ruas Tol Serang-Panimbang

Seksi Ruas Panjang
 1 Serang-Rangkasbitung  26,50 Km
 2  Rangkasbitung-Cileles  24,17 Km
 3  Cileles-Panimbang  33,0 Km

Pembangunannya menerapkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi sebesar Rp 5,33 triliun. Angka tersebut terdiri dari Seksi 1 – 2, porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi 3 porsi Pemerintah.

Gratis

Kepada wartawan, Manajer Bidang Human Capital PT Wika Serang Panimbang Bambang Yogaswara mengatakan bahwa, Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I akan dibuka secara fungsional atau sementara pada arus mudik dan arus balik lebaran 2021. Pembangunan jalan tol yang dibangun atas inisiasi Presiden Joko Widodo tersebut baru rampung sepanjang 26,50 kilometer dari Serang ke Rangkasbitung.

Bambang Yogaswara juga menyatakan bahwa pengguna ruas jalan tol Serang-Rangkasbitung tidak perlu membayar alias gratis. Badan Pengatur Jalan Tol tentunya akan melakukan Uji Laik Fungsi terlebih dahulu setelah proyek jalan tol tersebut rampung.

Sumber: bpjt.pu.go.id, regional.kompas.com